Sektor Unggulan Kalimantan Selatan, Kebun Sawit Serap Lebih dari 70 Ribu Pekerja
Kategori : Berita DMSI Posted : Senin, 05 Juli 2021

Kredit Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas

 

wartaekonomi.co.id

 

5 Juli 2021

 

https://www.wartaekonomi.co.id/read348970/sektor-unggulan-kalimantan-selatan-kebun-sawit-serap-lebih-dari-70-ribu-pekerja

 

 

Sektor Unggulan Kalimantan Selatan, Kebun Sawit Serap Lebih dari 70 Ribu Pekerja

 

 

WE Online, Jakarta - Perkebunan merupakan salah satu subsektor unggulan pertanian yang mampu bertahan di tengah pandemi, didukung dengan komoditas kelapa sawit sebagai salah satu penopang perekonomian.

 

Berdasarkan data BPS, Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas areal perkebunan kelapa sawit mencapai 426.445 hektare yang terdiri dari 313.545 hektare milik perusahaan swasta; 6.489 hektare milik perusahaan negara; dan 106.441 hektare diusahakan oleh rakyat. Dari keseluruhan luas areal tersebut, total produksi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) mencapai 1.130.745 ton.

 

"Jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada sebanyak 97 perusahaan dengan jumlah pabrik CPO sebanyak 39 PKS. Penyerapan tenaga kerja diperkebunan sawit sebanyak 71.066," kata Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, seperti dikutip dari sawitindonesia.com.

 

Dengan potensi yang dimiliki, selain melakukan validasi data dan pembentukan tim penyelesaian keterlanjuran kegiatan usaha sawit perkebunan, Pemprov Kalsel berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas kelapa sawit pekebun melalui program yang didukung dari pendanaan BPDPKS.

 

"Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari tahun 2018 sampai 2021 seluas 16.217 hektare. Untuk target 2021, target PSR seluas 11.900 hektare. PSR dialokasikan di Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Barito Kuala," ujar Safrizal.

 

Tidak hanya itu, pembangunan hilirisasi industri sawit juga perlu dikembangkan, mengingat saat ini Kalimantan Selatan baru memiliki dua industri pengolahan sawit menjadi minyak goreng.

 

"Diversifikasi integrasi perkebunan kelapa sawit dengan komoditas lainnya dalam mendukung ketahanan pangan juga sangat diperlukan. Salah satunya integrasi dengan peternakan sapi potong sebagai upaya percepatan swasembada sapi di Kalsel," kata Safrizal.

 

 

 

Penulis: Ellisa Agri Elfadina

 

Editor: Puri Mei Setyaningrum

 

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung