Kinerja Ekspor Melemah, Menko Darmin Tuding Faktor Eksternal
Kategori : Berita DMSI Posted : Selasa, 18 Desember 2018

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto: Ist)

inews.id

18 Desember 2018

Oleh: Rully Ramli

https://www.inews.id/finance/makro/kinerja-ekspor-melemah-menko-darmin-tuding-faktor-eksternal/403725

 

Kinerja Ekspor Melemah, Menko Darmin Tuding Faktor Eksternal

 

JAKARTA, iNews.id - Kinerja ekspor melemah setelah tumbuh negatif pada bulan kemarin. Pemerintah menyebut, melemahnya ekspor terkait dengan kondisi domestik, melainkan faktor eksternal.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, ekspor November 2018 sebesar 14,83 miliar dolar AS, turun dibandingkan November 2017 yang mencapai 15,28 miliar dolar AS. Kinerja ekspor juga turun bila dibanding Oktober 2018 sebesar 15,89 miliar dolar AS.

"Ini bukan karena struktural ekonomi kita yang lemah, tapi respon dari beberapa peristiwa perang dagang dan hambatan dari CPO," kata Menko Darmin di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Dia menyebut, perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China ikut berdampak pada permintaan mereka terhadap negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Selain itu, minyak sawit (crude palm oil/CPO) yang menjadi komoditas unggulan ekspor juga dihambat oleh sejumlah negara seperti India dan Uni Eropa.

"Jadi ada karena perang dagang, tapi juga ada karena respon, reaksi dari negara-negara tertentu misalnya, atas CPO kita yang dianggap terlalu mendominasi di negaranya, dia bikin biaya masuk gede-gede," tutur dia.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan, pemerintah akan terus berupaya memperkuat kinerja ekspor agar tidak melemah di tengah situasi ekonomi global yang tidak pasti.

"Diversifikasi ekspor tetap jalan, tapi kita masih mencari juga kebijakan baru untuk mendorong ekspor," kata dia.

 

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung