Pungutan Ekspor CPO Disetop tak Hentikan Program BPDBKS
Kategori : Berita DMSI Posted : Senin, 17 Desember 2018

Sawit

borneonews.co.id

17 Desember 2018

https://www.borneonews.co.id/berita/111579-pungutan-ekspor-cpo-disetop-tak-hentikan-program-bpdbks

Pungutan Ekspor CPO Disetop tak Hentikan Program BPDBKS

 

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tak terpengaruh dengan kebijakan pemerintah menghentikan sementara dana pungutan ekspor minyak kelapa sawit dan turunannya.

Artinya, BPDPKS akan tetap melanjutkan program yang dikelolanya mulai 4 Desember 2018. 
   
Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.152/PMK.05/2018 yang merupakan perubahan dari PMK Nomor 81/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum BPDP Kelapa Sawit pada Kementerian Keuangan. 
   
Kebijakan tersebut diambil lantaran harga minyak sawit mentah (CPO) internasional di bawah 570 dolar AS per ton. 
   
"Pungutan dana sawit hingga 30 November 2018 mencapai Rp14,48 triliun dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu, yakni Rp13,05 triliun. Ini berarti pungutan melampaui proyeksi tahun ini sebesar Rp10,76 triliun," ungkap Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS Hendrajat Natawijaya di Jakarta, akhir pekan ini.

        
Kendati demikian, menurut Direktur Keuangan, Umum, Kepatuhan dan Manajemen Risiko BPDPKS Catur Ariyanto Widodo, program-program BPDPKS di tahun depan akan tetap berjalan. 
   
"BPDPKS adalah instansi pemerintah yang bentuknya BLU (Badan Layanan Umum). Jadi, dalam proses BLU, sisa uang yang enggak ke pakai di-carry over di tahun berikutnya. Itu tetap perhatikan prioritas program-program pemerintah dan komite pengarah," tutur Catur. 
   
Total anggaran yang dialokasikan pada tahun 2018, sambungnya, sebesar Rp7 triliun. Dana tersebut untuk pelbagai program, antara lain insentif biodisel, peremajaan sawit, riset dan promosi dengan total Rp5,51 triliun. 
   
"Sehingga sisa dana sekitar Rp1,49 triliun dapat digunakan untuk menjalankan program di tahun 2019," imbuhnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung