Sudah 2 Bulan Harga TBS Sawit Bertahan Rp 800/Kg
Kategori : Berita DMSI Posted : Selasa, 02 Oktober 2018

(misno adi)

medanbisnisdaily.com

2 Oktober 2018

http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2018/10/02/52890/sudah_2_bulan_harga_tbs_sawit_bertahan_rp_800_kg/

 

Sudah 2 Bulan Harga TBS Sawit Bertahan Rp 800/Kg

 

Medanbisnisdaily.com-Langkat.Meski produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masih merosot akibat sedang musim trek, namun harga sawit tak kunjung naik, dan bertahan di level Rp 800/kg di tingkat petani. Menurut kalangan petani sawit di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, harga Rp 800/kg itu sudah bertahan dua bulan lebih.

"Dua bulan lalu masih Rp 900/kg, namun berangsur turun hingga Rp 800 dan terus bertahan", ungkap H Buyung, petani sawit di Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang, Langkat, Selasa (2/10/2018).

Diceritakannya, selama 4 bulan terakhir produksi kelapa sawit terus menurun akibat musim trek."Keinginan petani sawit seharusnya ketika produksi menurun, harga jual TBS jangan anjlok, tetapi sudah sering sepanjang tahun peristiwanya seperti ini, harga terus anjlok. Sedangkan harga pupuk tidak pernah anjlok, malah melonjak naik," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, pedagang pengumpul mengakui, murahnya harga pembelian dikarenakan penjualan TBS di tingkat pabrik juga turun.

"Harga di pabrik juga bervariasi, saat ini ada PKS yang beli Rp 1.300 dan ada yang di bawah Rp 1.200/kg. Kami kalangan pengepul harus mengeluarkan biaya transportasi, angkutan, dan jasa pekerja, sehingga pembelian disetarakan dengan harga pabrik", kata Ismail dan Sunar, pedagang pengumpul TBS di Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang, Langkat.

 

Reporter: Misnoadi

Editor: Sasli Pranoto Simarmata

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung