DPR Harap Program B20 Naikkan Harga Kelapa Sawit
Kategori : Berita DMSI Posted : Kamis, 27 September 2018

inilah.com

27 September 2018

Oleh : Wahid Ma'ruf

https://ekonomi.inilah.com/read/detail/2482344/dpr-harap-program-b20-naikkan-harga-kelapa-sawit

 

DPR Harap Program B20 Naikkan Harga Kelapa Sawit

 

INILAHCOM, Jakarta - DPR mengharapkan kebijakan program biodiesel 20 persen (B20) dapat meningkatkan harga kelapa sawit yang semula mengalami penurunan harga yang pesat dapat kembali normal.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi VI DPR RI, Hamdhani saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Deputi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Direktur Pertamina, dan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

"Program B20 ini harus terealisasi dengan baik dan berdampak terhadap kenaikan harga kelapa sawit, karena harga kelapa sawit sekarang ini sedang mengalami penurunan yang signifikan. Kalau pemerintah merealisasikan dengan baik, maka harga-harga kelapa sawit yang tadinya rendah akan terangkat kembali," jelas Hamdhani seperti mengutip dari dpr.go.id.

Legislator Partai NasDem itu mengatakan, pemerintah juga harus memberikan jaminan kepada petani-petani kelapa sawit agar hak-hak dan keuntungan dapat tercapai dengan baik. Karena terdapat 2 juta petani Indonesia yang mengalami dampak dari harga kelapa sawit yang turun terutama di Riau, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

"Pemerintah harus memberikan jaminan juga dengan petani kelapa sawit. Jangan hanya pihak-pihak tertentu saja yang mendapatkan keuntungan karena petani di Indonesia tepatnya di Riau, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Terdapat 2 juta bahkan lebih petani yang mengalami dampak dari harga yang begitu pesat," imbuh legislator dapil Kalteng itu.

Program B20 ini bisa menimbulkan multiplier effect bagi produsen minyak sawit mentah atawa Crude Palm Oil (CPO) maupun harga Tandan Buah Segar (TBS) di pasar domestik. Program B20 diharapkan akan meningkatkan pembelian CPO di pasar domestik oleh perusahaan penjual bahan bakar minyak (BBM), sehingga pasokan ekspor CPO di pasar global berkurang dan bisa memicu kenaikan harga CPO.

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung