Buah Menumpuk, Harga TBS di Madina Anjlok Rp 650/Kg
Kategori : Berita DMSI Posted : Senin, 02 Juli 2018

Tumpukan Tandan Buah Segar (TBS) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). (zamharir rangkuti)

medanbisnisdaily.com

2 Juli 2018

http://www.medanbisnisdaily.com/news/online/read/2018/07/02/42472/buah_menumpuk_harga_tbs_di_madina_anjlok_rp_650_kg/

 

Buah Menumpuk, Harga TBS di Madina Anjlok Rp 650/Kg

Medanbisnisdaily.com - Panyabungan. Akibat banyaknya buah, harga Tandan Buah Segar (TBS) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berada di level Rp 650 per kg. Padahal, harga TBS sebelumnya Rp 900 per kg.

Anjloknya harga TBS membuat para petani sawit pun mengeluh lantaran merugi.

"Buah kelapa sawit kampung menumpuk. Pabrik tidak sanggup menampung panen masyarakat. Akhirnya harga turun, " ujar Supri, petani sawit kepada medanbisnisdaily.com, Senin (2/7/2018).

Dia menceritakan, akibat banyaknya buah, buah di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) pun turut antre. Banyaknya sawit membuat harga di tingkat pengepul juga anjlok.

Ia mengaku sempat berbangga karena harga TBS sempat naik Rp 100 per kg beberapa hari lalu. Namun, setelah lebaran harga TBS terjungkal ke level Rp 700 per kg.

"Menjelang lebaran kemarin harga turun. Nah setelah itu naik sedikit. Tapi tiba-tiba sudah turun lagi. Bahkan untuk antisipasi agar jangan terlalu banyak rugi pengepul dan petani menjual TBS ke Sumatera Barat. Jika kita keluarkan biaya transportasi sama saja," katanya sambil berharap ada peningkatan harga.

 

Reporter: Zamharir Rangkuti

Editor: Rahmita Harja

Bagikan

RELATED POST

Event

Pengunjung